• Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau
  • Selasa, 22 Agustus 2017
BERITA
AS Tamrin Resmi Pimpin Presidium Nasional JKPI17 April 2017 11:00:00

Tepat pukul 13.00 wita Senin kemarin (17/1) di Balai Budaya Puri Agung Gianyar menjadi momentum bersejarah bagi Walikota Baubau Dr AS Tamrin, setelah ia resmi dinobatkan sebagai ketua presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) menggantikan ketua sebelumnya Anak Agung Gde Agung Bharata, yang juga Bupati Gianyar.

Serah terima ketua presidium ini disaksikan direktur eksekutif JKPI, Asfarinal, Pembina Himpunan Pelestari Pusaka Nusantara, Hasjim Djojohadikusumo yang juga adik tokoh nasional Prabowo Subianto, salah satu Dirjen dari kementerian PMK-RI, beserta  puluhan kepala daerah yang sempat hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-6 JKPI itu.

Ini pula berarti kepemimpinan AS Tamrin sebagai walikota Baubau juga mendapat tambahan tugas memimpin lembaga nasional yang kini keanggotaannya berjumlah menjadi 69 kabupaten kota di Indonesia. Sebelum didaulat, AS Tamrin tak langsung jumawa menerima amanah itu, ia tetap mengembalikan kepada seluruh kepala daerah anggota JKPI dan pihak administratur JKPI pusat, agar kepercayaan itu dipertimbangkan lagi, dengan mengingat beberapa hal diantaranya masa jabatannya sebagai walikota Baubau yang tinggal setahun, termasuk pengelolaan anggaran yang memiliki konsekuaensi pertanggung-jawaban yang harus dibicarakan secara bersama-sama.

Namun demikian, ketua demisioner, Bupati Gianyar, jajaran JKPI dan segenap anggota tetap bersepakat mengamanahkan AS Tamrin sebagai ketua presidium dan diminta bersedia menerima tongkat komando kepemimpinan. “Apapun itu bapak AS Tamrin sangat layak menjadi ketua presidium JKPI,” kata Hasjim Djojohadikusumo yang diaminkan Bupati Gianyar, AA Gde Agung dan direktur eksekutif JKPI, yang kemudian dilanjutkan serenomoni penyerahan tongkat komando kepemimpinan, disaksikan ratusan peserta Rakernas.

Dilaporkan Kadis Kominfo Baubau, Idrus Taufiq Saidi bahwa walikota AS Tamrin, dalam sambutannya mengatakan bahwa JKPI harus senantiasa eksis dalam menjaga keragamaan kebangsaan termasuk aset-aset di dalamnya dalam mengangkat peradaban Indonesia di mata dunia.

“Kami senantiasa mendorong anggota-anggota JKPI untuk lebih kreatif  melihat potensi budaya di daerah masing-masing, sehingga anggota JKPI benar-benar konsisten, disiplin dalam memelihara segenap pusaka Nusantara yang ada di masing-masing daerah,” kata AS Tamrin.

Demikian halnya dengan Kota Baubau, AS Tamrin secara tegas meminta JKPI agar sesegara mungkin, jika telah memenuhi persyaratan, maka Kota Baubau dapat diusulkan oleh pemerintah RI ke lembaga Unesco, sebagai Kota Warisan Dunia, dengan keunggulan utama adalah keberadaan benteng keraton Buton yang dikenal sebagai benteng terluas di dunia (the widest fortress in the world). Pernyataan ini disambut meriah peserta Rakernas, bahkan Hasjim Djojohadikusuomi, adik kandung Prabowo Subianto itu langsung menimpali pernyataan Walikota Baubau, dengan menyatakan, “saya sangat mendukung itu, saya sangat dukung Budaya Buton” timpal pengusaha nasional itu, bahkan sebanyak 3 kali Hasjim menyebut nama Buton di Rakernas tersebut.

Usai memberikan sambutan, AS Tamrin terlihat perbincangan serius dengan Hasjim Djojohadikusumo, bahkan saat meninggalkan arena Rakernas, Walikota Baubau ini bersama Bupati Gianyar mengantar Hasjim hingga pintu kendaraannya, bahkan beberapa kali terlihat AS Tamrin dan Hasjim terlibat bisik-bisik serius. Entah apa yang dibicarakan keduanya.

Pukul 14.00 wita, Rakernas dilanjutkan dan sidang dalam kendali langsung AS Tamrin sebagai ketua presidium didampingi direktur eksekutif JKPI, Asfarinal. Ini tugas perdana yang dijalankan walikota Baubau dalam posisinya segai ketua presidium JKPI. Selanjutnya secara resmi mengukuhkan penerimaan 5 daerah anggota baru JKPI yang baru saja bergabung, masing-masing Kabupaten Sambas (Kalbar), Kabupaten Sumbawa (NTB), Kabupaten Probolinggo (Jawa Timur), dan dua daerah dari Sulawesi Tenggara, yakni Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton Utara.

Dalam Rakernas, berkembang pula diskusi mengenai rencana Kongres JKPI tahun depan sekaligus memperingati Satu Dasa Warsa JKPI yang dipustkan di Surakarta-Jawa Tengah dan rencana menghadirkan langsung Presiden Joko Widodo. Namun sebelum helatan akbar tersebut dimulai, JKPI memutuskan dalam waktu dekat akan melaksanakan Pra Kongres yang diousatkan di Kota Baubau, dan meminta agar daerah-daerah menghadiri langsung pra kongres tersebut.

Kendati keanggotaan JKPI telah berjumlah 69 kabupaten kota di Indonesia, dan kemungkinan akan bertambah lagi, mengingat masuknya sejumlah permohonan sebagai anggiota baru juga kehadiran beberapa kabupaten kota sebagai peserta peninjau di Rakernas ini, Tamrin justru meminta agar tetao ada evealusi. “Kalau sekedar bergabung sebagai anggota saja tetapi tidak aktif, maka tentu harus ada evaluasi. Kita ingin seriussoal program, dan partisipasi aktif dalam membesarkan JKPI sendiri,” tegas Tamrin.

Usai menutup secara resmi acara rakernas JKPI ini, AS Tamrin di dampingi Kadis Kominfo Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi beserta beberapa perwakilan anggota JKPI, meninjau langsung pameran budaya dan industri kreatif yang dipusatkan di lapangan Astina Gianyar, sebelum akhirnya bertolak meninggalkan Gianyar menuju Kota Denpasar.

LINKS
Copyright 2010 - 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau
Top