• Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau
  • Selasa, 22 Agustus 2017
BERITA
Baubau Tolak Intoleransi dan Radikalisme25 Mei 2017 12:00:00

Kehadiran sikap dan tindakan intoleransi dan radikalisme yang ditunjukkan sebagian anak bangsa di negeri ini tampaknya tidak mendapat ruang di Kota Baubau, hal itu ditunjukkan dalam pernyataan sikap walikota dan segenap forum komunikasi pimpinan daerah, yang diikuti segenap warga kota yang dipusatkan di lapangan Lembah Hijau Kota Baubau, 24 Mei 2017 kemarin yang dirangkaian dengan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 tahun.

“Tidak boleh ada radikalisme dan intoleransi di Kota Baubau, warga kota ini Pancasilais dan sangat toleran  sejak dulu. Apalagi kegiatan terorisme, Baubau pasti melawan,” ujar Walikota Dr. AS Tamrin didampingi Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji, SIK dan segenap anggota forum komunikasi pimpinan daerah dihadapan wartawan.

Menurut walikota, penolakan atas sikap ini memang mengambil momentum Hari Kebangkitan Nasional dengan maksud mengingatkan kembali kesejarahan bangsa Indonesia yang dibangun dari keanekaragaman dan semangat bersatu, nasuonalisme, serta menjaga kemurnian Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Hal lebih tegas lagi diungkap Kapolres, AKBP Suryo Aji, SIK yang menyatakan  bahwa kota ini harus aman dari sikap-sikap intoleran dan radikalisme.

“Baubau kota yang nyaman, sejak dulu tidak ada aktivitas yang merongrong keutuhan bernegara, ini harus dijaga dengan baik dan utuh. Polisi tetap bersama rakyat menjaga pluralis bangsa ini dengan tetap bersatu untuk mewujudkan kesejahteraan warga negara,” tegasnya.

Oleh karena itu, Kapolres juga berharap kepada segenap warga Baubau agar tidak meberi ruang atas sikap-sikap seperti itu, termasuk melaporkan kepihaknya jika ada aktivitas di masyarakat yang berkaitan dengan bibit-bibit intoleransi dan radikalisme itu.

Usai penyelenggaraan upacara Harkitnas ini, dilakukan deklarasi bersama melawan radikalisme dan toleransi yang dipimpin langsung walikota beserta segenapa peserta upacara, juga pawai kebudayaan yang diikuti oleh seluruh organisasi kerukunan dan paguyuban se Kota Baubau.

Sehari sebelum upacara Harkitnas ini, juga diselengggarakan dialog kebangsaan yang digelar Dinas Kominfo bertema “pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan nasional” dengan menghadirkan dua narasumber yakni H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si (Kadis Kominfo Kota Baubau) yang banyak mengungkap persoalan kebangkitan digitalisasi nasionalisme, dan Dr. Hamzah Palalloi yang berbicara tentang psikologi kepemudaan dulu dan sekarang.

Dialog kebangsaan ini menghadirkan segenap elemen pemuda, mahasiswa, dan pelajar dan warga se kota Baubau yang dipusatkan di Aula Hotel Mira Baubau.

LINKS
Copyright 2010 - 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau
Top